Selamat Datang Di Blog Resmi de Nature Indonesia , de Nature Indonesia Adalah Pusat Obat Herbal Alami Yang Berkantor Di Cilacap Majenang Jawa Tengah, Produk Dari de Nature Indonesia : Obat Kutil Kelamin, Obat Sipilis, Obat Kanker, Obat Paru-Paru, Obat Keputihan Wanita, Obat Kuat Pria, Masker Pembesar Payudara,Dll. Konsultasi Dan Pemesanan Silahkan Hubungi : 082221671001(WA)

Tuesday, December 5, 2017

Apa Itu Herpes Genital ?

Apa itu herpes genital?


Definisi
Apa itu herpes genital?

Herpes genital adalah penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus herpes simplex (HSV). Biasanya ditandai dengan bentol-bentol berair pada alat kelamin, anus, atau mulut. Herpes genital dapat menyebar melalui sentuhan, namun lebih sering menyebar melalui hubungan seksual.

Ada 2 jenis virus herpes simplex, yaitu herpes tipe 1 dan 2. Herpes tipe 1, disebut juga HSV 1 atau herpes oral, menyebabkan bentol berair (lenting) di sekitar mulut dan bibir. Walaupun HSV 1 dapat menyebar dan menyebabkan herpes genital, herpes genital umumnya disebabkan oleh virus herpes yang lain, yaitu herpes simplex tipe 2 (atau HSV 2).

Seberapa umumkah herpes genital?


Herpes genital adalah suatu kondisi yang sering terjadi dan dapat terjadi pada wanita dan laki-laki. Wanita lebih berisiko terkena virus ini dibandingkan laki-laki. Biasanya terjadi pada orang yang aktif berhubungan seksual.

Seorang ibu yang memiliki herpes genital juga dapat menularkan herpes pada bayinya saat melahirkan lewat vagina. Hal ini dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko Anda. Diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja ciri-ciri dan gejala herpes genital?

Sebagian besar orang yang terinfeksi herpes genital tidak mengetahui bahwa mereka sedang terinfeksi karena penderita tidak merasakan gejala dan tanda apapun. Beberapa orang merasakan gejala herpes genital sebagai berikut:


  • Nyeri atau gatal di area alat kelamin atau pantat
  • Benjolan merah kecil atau lenting putih kecil
  • Luka yang terbentuk setelah lenting pecah
  • Koreng yang terbentuk setelah luka sembuh
  • Nyeri saat buang air kecil

Gejala seperti flu seperti pembesaran kelenjar getah bening di lipatan paha, sakit kepala, nyeri otot dan demam.
Benjolan berair yang disebut lenting dapat muncul di sekitar mulut, area anus, dan area alat kelamin. Gejala herpes genital berbeda pada setiap orang. Gejala dan tanda dapat hilang dan timbul selama bertahun-tahun. Beberapa orang dapat mengalami gejala tersebut beberapa kali dalam setahun dan beberapa orang dapat tidak mengalami gejala sama sekali.

Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?


Anda harus menghubungi dokter Anda jika Anda mengalami gejala herpes genital. Jika Anda aktif berhubungan seksual, sangat penting untuk memeriksa adanya penyakit kelamin secara rutin.

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab herpes genital?


Herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV). Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung, hubungan seksual, seks oral, atau dari ibu pada bayinya. Sekali terinfeksi, virus tinggal di dalam tubuh dalam keadaan dorman dan dapat aktif kembali beberapa kali dalam setahun. Ada 2 tipe virus herpes.

Virus herpes simpleks tipe 1 (HSV 1) menyebabkan sariwan dan fever blister namun dapat menyebar ke alat kelamin saat seks oral.
Virus herpes simpleks tipe 2 (HSV 2) umumnya menyebabkan herpes genital. Virus ini sangat menular dan dapat menular melalui hubungan seksual serta kontak kulit dengan kulit.
Virus biasanya cepat mati di luar tubuh. Penularannya tidak mungkin terjadi karena duduk di toilet atau menggunakan handuk bekas penderita.

Faktor-faktor risiko

Siapa yang berisiko terkena herpes genital?

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena herpes genital, yaitu:

Jenis kelamin: Berdasarkan kasus yang sudah terjadi, terlihat bahwa wanita lebih mudah terinfeksi herpes dibanding laki-laki.
Memiliki pasangan seksual lebih dari satu: Risiko Anda semakin meningkat dengan bertambahnya jumlah pasangan Anda. Penting untuk melakukan hubungan seksual yang aman dan melakukan pemeriksaan secara teratur.
Sistem imun lemah: Hal ini membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi virus.
Obat & Pengobatan
Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja obat herpes genital yang biasa digunakan?


Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan herpes genital. Terapi yang diberikan hanya bertujuan untuk menghilangkan gejala dan mencegah herpes kambuh lagi. Jika Anda tidak mengalami gejala apapun, Anda tidak membutuhkan pengobatan.

Dokter Anda dapat memberikan obat  antivirus untuk menghilangkan gejala herpes. Antivirus diberikan untuk:

Mempercepat penyembuhan
Mengurangi frekuensi kekambuhan
Mengurangi tingkat keparahan dan durasi gejala
Mengurangi kemungkinan penularan pada orang lain.
Obat herpes yang sering digunakan biasanya adalah acyclovir, famciclovir, dan valacyclovir.

Jika Anda hamil, Anda harus memberi tahu dokter Anda. Dokter Anda dapat memberikan obat antivirus mendekati akhir masa kehamilan Anda untuk mencegah penularan virus pada bayi. Pada beberapa kasus dokter menganjurkan operasi caesar untuk melahirkan bayi Anda.



Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk herpes genital?


Dokter akan melakukan pemeriksaan berikut ini untuk mendiagnosa herpes genital:

Pemeriksaan kultur virus. Pemeriksaan ini menggunakan sampel dari ulkus di kulit atau sariawan untuk mengkonfirmasi adanya virus herpes.
Tes Polymerase chain reaction (PCR). Tes ini memeriksa DNA Anda dari sampel darah untuk memastikan adanya HSV dan menentukan tipenya.
Pemeriksaan darah. Tes ini untuk memeriksa antibodi HSV, yang mendeteksi adanya infeksi virus herpes sebelumnya.
Pengobatan di rumah
Apa saja perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan untuk mengatasi herpes genital?

Berikut adalah gaya hidup yang dapat membantu Anda mengatasi herpes genital:

Konsumsi obat yang diberikan dokter sesuai instruksi.
Jagalah agar herpes Anda tetap kering dan bersih.
Jangan sentuh luka herpes. Anda harus mencuci tangan sesering mungkin untuk mencegah penularan ke orang lain atau bagian tubuh lain.
Jika Anda hamil, beri tahu dokter Anda untuk mengetahui bagaimana cara melindungi bayi Anda.
Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.




Bagus De Nature akan memberika Solusi pengobatan obat herbal.